Jumat, 17 April 2015

Menentukan Titik Start Belajar Bahasa Mandarin

Dari mana saya harus memulai pembelajaran bahasa mandarin saya?
Dari mana saja.

Langkah belajar terbaik dari pengenalan. Pengenalan seperti mengucapkan 你好吗 pada orang yang ingin kita ajak berbicara bisa jadi merupakan langkah awal yang baik. Mengapa? Dengan mengucapkan perkenalan menggunakan satu bahasa tertentu menunjukkan kita memiliki ketertarikan terhadap bahasa itu. Dan ketika orang lain melihat kita memiliki ketertarikan, ketika itulah mereka akan mengajak atau bahkan mengajari kita belajar bahasa tersebut.

Dari mana saja yang saya maksud di sini adalah, benar-benar dari mana saja. Curi semua kesempatan yang bisa Anda dapatkan. Anda kira Anda hanya bisa belajar bahasa mandarin dari guru mandarin dari duduk berjam-jam di dalam sebuah kursus bahasa mandarin? Anda salah besar.

Semua tempat dan setiap orang bisa jadi adalah guru yang baik. Ketika Anda berada di restoran, tak sedikit aksara mandarin tertera di sana, Anda bisa belajar, mungkin dengan bertanya kepada orang yang paham bahasa mandarin atau mencari kamus terdekat, atau ide out of the blue nya, tanyakan pada pramusaji atau manager restoran. Mungkin ini terdengar aneh bahkan konyol, namun saya hampir sering melakukannya. Dan walaupun pertanyaan saya tidak langsung mengantarkan saya pada orang yang bisa berbahasa mandarin, setidaknya orang-orang tahu bahwa saya menaruh ketertarikan pada bahasa itu dan di lain kesempatan, mereka akan menghubung-hubungkan saya dengan bahasa itu. Itu pulalah yang terjadi antara saya dengan bahasa mandarin.

Hal lain lagi, dengarkan berulang-ulang sebuah kalimat singkat. Mendengarkan berulang-ulang membuat Anda terbiasa dengannya. Ketika Anda mendapatkan sebuah frasa baru, dengar dan terus dengar, panggil selalu memori itu. Dan ketika Anda telah terbiasa, Anda akan mampu menggunakannya secara mudah.

Ketika melihat kesempatan apapun untuk bisa belajar bahasa mandarin, curi. Manfaatkan kesempatan di tengah kesempitan. Terkadang, belajar di waktu yang sempit itu malah sangat efektif. Saya merasakannya sendiri. Intinya, setiap melihat hal yang bisa dipelajari, belajarlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar