Kamis, 16 April 2015

Ubah Paradigma Bahasa Mandarin Anda

Delapan dari sepuluh orang yang mengetahui bahwa saya adalah guru bahasa Mandarin akan mengatakan bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit bahkan sebelum saya meminta pendapat mereka. Pernyataan ini saya benarkan untuk poin tertentu. Sebagai guru mandarin, agak menyedihkan rasanya menyampaikan kepada murid-murid saya bahwa bahasa mandarin merupakan bahasa yang sulit. Kalau guru saja mengatakan sulit, bagaimana mungkin ia bisa mengajarkannya pada murid?

Saya lebih suka menyampaikan bahwa bahasa mandarin bukan bahasa yang mudah, perlu jam latihan yang tidak terbilang sedikit. Pernyataan itu sangat jujur. Tingkat kesulitan belajar bahasa mandarin tiap orang memang berbeda-beda. Tapi menurut hasil pengamatan saya terhadap murid-murid saya, percakapan dalam bahasa mandarin merupakan bidang yang paling cepat dikuasai. Bagian kedua yang tidak terlalu sulit adalah mengenal huruf. Kemudian diikuti dengan memahami bacaan dan mendengarkan.

Ensitas mempelajari bahasa asing pada dasarnya adalah menghafal. Pada saat kita sudah menghafal, kita menjadi terbiasa. Atau sebaliknya. Pada saat kita terbiasa, kita menjadi hafal sendiri.

Melalui tulisan-tulisan ini, saya ingin mengajak Anda sekalian untuk mengubah paradigma Anda. Kalau dulu sekali Anda mendengarkan bahasa mandarin Anda akan mengatakan, "Oh, my God. Susah banget demi apa. Hurufnya minta digigit." Sekarang ketika Anda melihat bahasa mandarin Anda akan menganggukkan kepala sambil mengatakan, "No problem."

Peran saya di sini lebih ke menggeser paradigma Anda, memudahkan Anda yang berminat belajar bahasa mandarin namun belum menemukan komunitas dan tutor yang cocok.
Dan kalau Anda mengatakan bahwa saya tidak mengatakan bahwa bahasa mandarin itu sulit karena saya adalah seorang guru dan saya sudah mendalami dan memahaminya, ingatlah juga pada masa di mana saya belum bisa berbahasa mandarin. Yang saya pikirkan saat itu bukanlah tentang mempelajari bahasa paling sulit sedunia melainkan mempelajari bahasa paling menantang sedunia, yakni bahasa mandarin.

Jangan. Jangan pernah sekali-kali menanamkan dalam pikiran bahwa bahasa mandarin adalah bahasa yang sulit. Saya percaya, practice makes perfect. Tidak ada sesuatu yang terjadi secara instan, tapi kalau Anda mau berusaha, hasilnya akan pantas dengan apa yang telah Anda usahakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar